Sampah Plastik Disulap Menjadi Taman Bunga yang Indah


dotnetdibaca.com, Sebuah kota di bagian selatan Filipina telah mendaur ulang hampir 30.000 botol plastik menjadi taman bunga.

Lamitan City’s tulip garden telah menjadi objek wisata dan tujuan Instagram favorit. Menurut pemerintah kota, taman hanyalah salah satu inisiatif mereka menuju pengelolaan limbah padat.
Tentu, kita semua akrab dengan kutipan yang mengatakan
"Sampah satu orang adalah harta orang lain" namun tidak ada yang terfikir manjadikan sampah sebagai taman wisata yang indah.

Hal ini menggambarkan bagaimana sebuah kota kecil di Filipina memanfaatkan sampah yang didaur menjadi taman bunga yang berwarna-warni, proyek ini berhasil menarik respon positif banyak pihak dan memantik diskusi bagaimana pentingnya daur ulang.


Lamitan City’s tulip garden semuanya plastik - menjadi wisata istagramable

Terletak di provinsi Basilan, Kota Lamitan telah berhasil membuat objek wisata baru dengan menggunakan sampah.

Menurut laporan, Lamitan City’s tulip garden terbuat dari hampir 30.000 botol plastik bekas.

Botol-botol tersebut dikumpulkan oleh pemerintah dari 45 desa di sekitar kota. Botol-botol dipotong menjadi bentuk tulip dan kemudian dicat dengan warna berbeda sementara beberapa digunakan untuk membuat jalur taman.


Taman di Sitio Panansangan, Barangay Ubit tidak dikenai biaya sehingga penduduk lokal dan wisatawan dapat menikmati pemandangan buatan manusia tanpa membayar apa pun.


Rose Furigay, walikota Lamitan, mengatakan bahwa taman hanyalah salah satu inisiatif kota untuk mengelola sampah. Dia juga berharap bahwa proyek ini akan menginspirasi orang untuk melakukan bagian mereka juga.

Walikota mengingatkan semua orang:

"" Botol plastik membuat volume besar limbah kami di Kota Lamitan ... Saya harap ini akan menjadi panggilan untuk semua orang. Marilah kita tidak hanya memperhatikan keindahan tetapi juga memperhatikan bagaimana meminimalkan penggunaan plastik. ”

0 Comments