Lifi, Koneksi Internet Melalui Cahaya 30mb per detik


Sebuah terobosan yang dikembangkan oleh Philip Lighting sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi pencahayaan.

Philip menciptakan sebuah solusi baru yang memberikan koneksi internet melalui gelombang cahaya.
Teknologi ini mereka namai dengan LiFi yang memiliki kepanjangan Light Fidelity.

LiFi pernah diuji pada sebuah perusahaan investasi real estate Prancis. CEO and Chairman Board Management Philips Lighting, Eric Rondolat menjelaskan jika LiFi memiliki kemampuan akses 30mb per detik sehingga mampu untuk digunakan streaming beberapa video secara bersamaan.

Bagaimana cara kerja LiFi
Bisa dikatakan hampir sama dengan Wifi, jika Wifi menggunakan gelombang radio sedangkan Lifi menggunakan cahaya.

Cara penggunaanya pun mirip seperti WiFi yaitu dengan sebuah modem akan terpasang pada lampu LED yang akan mengirimkan gelombang cahaya ke transmisi seperti USB dongle.

Philips Lighting mengklaim, spektrum LiFi bisa mencapai 10.000 kali lipat dari WiFi serta akan menghemat listrik 80%. Menariknya, cahaya lampu LED yang juga digunakan untuk gelombang internet, fungsinya tidak akan berkurang.

LiFi dianggap sebagai solusi pada era digital ini karena memiliki jaringan yang andal, sehingga bisa menjadi solusi bagi lingkungan perkotaan nan padat. Selain itu, LiFi diklaim aman sehingga bisa digunakan untuk konektivitas data bagi bank, pemerintah ataupun militer.

Philips Lighting juga mengatakan, LiFi adalah gen teknologi baru karena gelombang cahayanya bisa menembus under water dan under ground. LiFi juga bisa menjadi alternatif solusi bagi rumah sakit, penerbangan, sekolah yang selama ini sulit menggunakan gelombang radio untuk jaringan internetnya.


0 Comments